Visi dan Misi Program Studi
Proses Pembelajaran
Struktur Kurikulum
Capaian Pembelajaran Lulusan
Visi dan Misi Program Studi
Visi
Menjadi program studi yang melaksanakan tridarma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul, berdaya saing internasional, berjiwa kebangsaan serta berwawasan lingkungan melalui penguatan etnomedisin yang berbasis etnobiologi, etnofarmakoterapi serta etnofarmasetika.
Misi
- Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kedokteran gigi yang berjiwa kebangsaan serta berwawasan lingkungan.
- Melaksanakan dan mengembangkan ipteksdokgi melalui proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif.
- Berperan sebagai agent of change pada masyarakat untuk mewujudkan kesehatan gigi dan mulut yang menyeluruh melalui pengembangan hasil luaran pendidikan dan penelitian yang berwawasan lingkungan.
- Melaksanakan sistem pengelolaan lembaga yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil berbasis Teknologi Informasi.
- Melaksanakan sistem manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kepuasan para pemangku kepentingan internal dan eksternal.
- Melaksanakan jejaring kerja sama yang strategis, sinergis dan berkelanjutan dengan stakeholder di dalam dan di luar negeri.
Proses Pembelajaran
Karakteristik proses pembelajaran dalam SN-Dikti pasal 11 ayat (1) dan (2), terdiri atas:
- Interaktif : Strategi pembelajaran dalam mencapai CPL dilaksanakan dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.
- Holistik : proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.
- Integratif : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.
- Saintifik : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan.
- Kontekstual : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.
- Tematik : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan intransdisiplin.
- Efektif : capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.
- Kolaboratif : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Berpusat pada mahasiswa : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.
Struktur Kurikulum
Capaian Pembelajaran Lulusan