Proses Pembelajaran

Karakteristik proses pembelajaran dalam SN-Dikti pasal 11 ayat (1) dan (2), terdiri atas:

  1. Interaktif : Strategi pembelajaran dalam mencapai CPL dilaksanakan dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.
  2. Holistik : proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.
  3. Integratif : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.
  4. Saintifik : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan.
  5. Kontekstual : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.
  6. Tematik : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan intransdisiplin.
  7. Efektif : capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.
  8. Kolaboratif : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  9. Berpusat pada mahasiswa : capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

Struktur Kurikulum Program Studi Kedokteran Gigi

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program Studi Kedokteran Gigi FKG Unjani dirancang berdasarkan profil lulusan dan tujuan program Pendidikan. Perumusan CPL berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (mengacu pada deskripsi KKNI), ketentuan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), kesepakatan Asosiasi Program Studi (Afdokgi), visi dan misi institusi, serta mempertimbangkan tuntutan kebutuhan stakeholders, masyarakat serta pengembangan keilmuan. Sesuai SN-Dikti, CPL terdiri empat unsur yakni sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan.

  1. Sikap yang dimaksud adalah cerminan sikap dan tata nilai sebagai warga negara dan bangsa Indonesia,
  2. Keterampilan umum yang dimaksud adalah kemampuan kerja dan tanggung jawab (secara umum) menurut tingkat dan jenis pendidikan (sarjana dan profesi),
  3. Keterampilan khusus yang dimaksud adalah kemampuan kerja spesifik terkait bidang keilmuan atau keahlian,
  4. Pengetahuan yang dimaksud adalah tingkat penguasaan, keluasan, dan kedalaman pengetahuan yang menjadi ciri bidang ilmu kedokteran gigi.
CPL SIKAP (S) SARJANA SN-DIKTI
S1Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
CPL SIKAP (S) ASOSIASI
S11Memiliki sikap melayani (caring) dan empati kepada pasien dan keluarganya
S12Menjaga kerahasiaan profesi terhadap teman sejawat, tenaga kesehatan, dan pasien
S13Menunjukkan sikap menghormati hak otonomi pasien, berbuat yang terbaik (beneficence), tidak merugikan (non-maleficence), tanpa diskriminasi, kejujuran (veracity) dan adil (justice).
CPL SIKAP (S) PRODI
S14Memiliki semangat militansi, kegigihan, keuletan, dan pantang menyerah dalam mempertahankan NKRI
S15Memiliki optimisme dalam menciptakan pekerjaan dan selalu berjuang memajukan bangsa dan negara di bidang kesehatan gigi dan mulut
S16Memiliki nilai kejuangan menghadapi era globalisasi, moderenisasi, teknologi informasi revolusi industry 4.0
CPL PENUGASAN PENGETAHUAN (PP) SARJANA ASOSIASI
PP1Menguasai pengetahuan faktual tentang:
a. Hukum kesehatan
b. Kebijakan lokal, regional, dan global tentang Kesehatan
c. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi
d. Standar kompetensi dokter gigi
PP2Menguasai prosedur perawatan klinis dalam bidang kedokteran gigi.
PP3Menguasai prinsip-prinsip:
a. Psikologi Kesehatan
b. Ilmu Biostatistik
c. Epidemiologi
PP4Menguasai konsep teoritis :
a. Dasar etik kedokteran
b. Teknik perawatan klinis di bidang kedokteran gigi
PP5Menguasai konsep teoritis secara umum tentang:
a. Ilmu biomedik meliputi anatomi, histologi, fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofisiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, mikrobiologi, biologi, biokimia, farmakologi, serta ilmu gizi
b. Ilmu kedokteran klinik meliputi Penyakit Dalam, THT, Kulit dan Kelamin, Ilmu Kesehatan Mata, Neurologi, Bedah Umum
c. Perkembangan mental anak
d. Ilmu Kedokteran Paraklinik meliputi Patologi Anatomi, Patologi Klinik
e. Forensik kedokteran gigi
PP6Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:
a. Biologi Oral
b. Morfologi makroskopis, mikroskospis dan topografi organ, jaringan penyusun sistem tubuh manusia secara terpadu
c. Proses tumbuh kembang dentokraniofasial pranatal dan pascanatal
d. Komunikasi kesehatan dan komunikasi teurapeutik
PP7Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:
a. Patogenesis penyakit atau kelainan yang meliputi, infeksi, dan non infeksi.Sterilisasi, desinfeksi dan asepsis
b. Obat-obat yang digunakan untuk penyakit gigi mulut, termasuk efek samping dan interaksinya
c. Tatalaksana kedokteran gigi klinik untuk membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi mulut
d. Berfikir analitis guna mendukung evidence based dentistry
e. Metodologi penelitian
PP8Menguasai konsep teoritis secara mendalam:
a. Ilmu kedokteran gigi klinik untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi mulut yang meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif
b. Dental biomaterial/ilmu material dan teknologi kedokteran gigi
c. Radiologi kedokteran gigi
d. Ilmu kesehatan gigi masyarakat
e. Manajemen kesehatan
CPL PENUGASAN PENGETAHUAN (PP) SARJANA PRODI
PP9Menguasai konsep teoritis TNI AD (sejarah, tugas fungsi, kewenangan, doktrin TNI AD dikaitkan dengan YKEP
PP10Menguasai konsep teoritis YKEP sebagai Yayasan yang menaungi Unjani
PP11Menguasai konsep teoritis sejarah Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani
PP12Menguasai konsep teoritis keachmadyanian
CPL KETERAMPILAN UMUM (KU) SARJANA SN-DIKTI
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
CPL KETERAMPILAN UMUM (KU) SARJANA PRODI
KU10Mampu mengikuti berbagai kompetisi yang diadakan universitas, pemerintah daerah, pemerintah pusat, Lembaga dan instansi terkait
CPL KETERAMPILAN KHUSUS (KK) SARJANA ASOSIASI
KK1Mampu melakukan anamnesis secara mandiri dengan menggali riwayat pasien (riwayat keluarga dan psikososial ekonomi, riwayat kepenyakitan dan pengobatan, riwayat perawatan gigi mulut, perilaku) yang relevan dengan keluhan utama melalui metode komunikasi efektif terhadap pasien simulasi.
KK2Mampu melakukan pemeriksaan fisik umum dan sistem stomatognatik yang meliputi pemeriksaan ekstra dan intra oral secara mandiri pada pasien simulasi dengan akurat serta mampu menetapkan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi dan kode etik
KK3Mampu mencatat hasil pemeriksaan dalam rekam medik yang komprehensif untuk keperluan identifikasi odontologi forensik sesuai dengan Disaster Victim Identification (DVI) sebagai bahan untuk menentukan rencana perawatan gigi mulut secara kelompok.
KK4Mampu menegakkan diagnosis awal, diagnosis banding, diagnosis akhir dan menetapkan prognosis kelainan atau penyakit gigi mulut secara teoritis berdasarkan patogenesis dengan mempertimbangkan derajat resiko penyakit melalui interpretasi, analisis, dan sintesis data kasus sesuai standar klasifikasi penyakit internasional (International Classification of Diseases) secara mandiri.
KK5Mampu menyusun rencana perawatan gigi mulut berdasarkan analisis data kasus sesuai konsep ilmu kedokteran gigi klinik, ilmu kedokteran gigi pencegahan, ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu kedokteran klinik dan ilmu biomedik yang relevan dengan mempertimbangkan siklus hidup pasien dan kondisi sosio-budaya secara mandiri.
KK6Mampu membuat keputusan dan melakukan perawatan gigi mulut pada manekin secara mandiri sesuai dengan metode dan prosedur baku di bawah bimbingan dosen
KK7Mampu memilih dan mendemonstrasikan penggunaan material, peralatan, dan teknologi kedokteran gigi untuk perawatan gigi mulut pada panthom dan/atau pasien simulasi sesuai indikasi secara mandiri
KK8Mampu mendemonstrasikan cara mengendalikan rasa nyeri, takut dan cemas dengan pendekatan farmakologik dan/atau non farmakologik secara mandiri.
KK9Mampu membuat kajian secara kelompok permasalahan bidang kedokteran gigi pada pasien atau masyarakat, dan mengusulkan alternatif solusi yang inovatif dengan pendekatan evidence based dentistry yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademik
KK10Mampu mendemonstrasikan pengelolaan praktik dan lingkungan kerja yang ergonomik dengan menerapkan prinsip manajemen kesehatan termasuk keselamatan kerja, kontrol infeksi dan konsep green dentistry secara mandiri atau kelompok
KK11Mampu mengambil keputusan medik berdasarkan data kasus untuk merujuk pasien kepada sejawat dan/atau penyelenggara kesehatan lain berdasarkan standar prosedur operasional secara mandiri.
KK12Mampu merancang, mendemonstrasikan dan mengevaluasi upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit gigi mulut masyarakat secara kelompok.
KK13Mampu mendemonstrasikan cara mengelola perilaku pada pasien simulasi dengan menerapkan prinsip manajemen perilaku secara mandiri dan kelompok.
KK14Mampu melakukan kolaborasi antar profesi kesehatan dalam mengelola kesehatan pasien simulasi secara kelompok.
KK15Mampu mendemonstrasikan cara mengidentifikasi dan tindakan medik pada manekin sesuai dengan prosedur bantuan hidup dasar (basic life support) dan kegawatdaruratan dental terbatas secara mandiri dan kelompok.
KETERAMPILAN KHUSUS (KK) SARJANA PRODI
KK16Mampu mengembangkan produk berbasis bahan alam sebagai alternatif tindakan preventif, kuratif dan rehabitatif kedokteran gigi
KK17mampu membangun perubahan perilaku masyarakat desa binaan yang berorientasi pada paradigma Indonesia bebas karies 2030