PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI

  • VISI DAN MISI PROGRAM STUDI
  • PROSES PEMBELAJARAN
  • STRUKTUR KURIKULUM
  • CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

VISI
Menjadi program studi yang melaksanakan tridarma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul, berdaya saing internasional, berjiwa kebangsaan serta berwawasan lingkungan melalui penguatan etnomedisin yang berbasis etnobiologi, etnofarmakoterapi serta etnofarmasetika.

MISI

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni kedokteran gigi yang berjiwa kebangsaan serta berwawasan lingkungan.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan ipteksdokgi melalui proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif.
  3. Berperan sebagai agent of change pada masyarakat untuk mewujudkan kesehatan gigi dan mulut yang menyeluruh melalui pengembangan hasil luaran pendidikan dan penelitian yang berwawasan lingkungan.
  4. Melaksanakan sistem pengelolaan lembaga yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil berbasis Teknologi Informasi.
  5. Melaksanakan sistem manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kepuasan para pemangku kepentingan internal dan eksternal.
  6. Melaksanakan jejaring kerja sama yang strategis, sinergis dan berkelanjutan dengan stakeholder di dalam dan di luar negeri.

Karakteristik proses pembelajaran dalam SN-Dikti pasal 11 ayat (1) dan (2), terdiri atas:

  1. Interaktif: Strategi pembelajaran dalam mencapai CPL dilaksanakan dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.
  2. Holistik: proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.
  3. Integratif: capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.
  4. Saintifik: capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan.
  5. Kontekstual: capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.
  6. Tematik: capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan intransdisiplin.
  7. Efektif: capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.
  8. Kolaboratif: capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  9. Berpusat pada mahasiswa: capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program Studi Kedokteran Gigi FKG Unjani dirancang berdasarkan profil lulusan dan tujuan program Pendidikan. Perumusan CPL berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (mengacu pada deskripsi KKNI), ketentuan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), kesepakatan Asosiasi Program Studi (Afdokgi), visi dan misi institusi, serta mempertimbangkan tuntutan kebutuhan stakeholders, masyarakat serta pengembangan keilmuan. Sesuai SN-Dikti, CPL terdiri empat unsur yakni sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan.

  1. Sikap yang dimaksud adalah cerminan sikap dan tata nilai sebagai warga negara dan bangsa Indonesia,
  2. Keterampilan umum yang dimaksud adalah kemampuan kerja dan tanggung jawab (secara umum) menurut tingkat dan jenis pendidikan (sarjana dan profesi),
  3. Keterampilan khusus yang dimaksud adalah kemampuan kerja spesifik terkait bidang keilmuan atau keahlian,
  4. Pengetahuan yang dimaksud adalah tingkat penguasaan, keluasan, dan kedalaman pengetahuan yang menjadi ciri bidang ilmu kedokteran gigi.

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Kedokteran Gigi meliputi:

CPL SIKAP (S) SARJANA SN-DIKTI

S1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

CPL SIKAP (S) ASOSIASI

S11

Memiliki sikap melayani (caring) dan empati kepada pasien dan keluarganya

S12

Menjaga kerahasiaan profesi terhadap teman sejawat, tenaga kesehatan, dan pasien

S13

Menunjukkan sikap menghormati hak otonomi pasien, berbuat yang terbaik (beneficence), tidak merugikan (non-maleficence), tanpa diskriminasi, kejujuran (veracity) dan adil (justice).

CPL SIKAP (S) PRODI

S14

Memiliki semangat militansi, kegigihan, keuletan, dan pantang menyerah dalam mempertahankan NKRI

S15

Memiliki optimisme dalam menciptakan pekerjaan dan selalu berjuang memajukan bangsa dan negara di bidang kesehatan gigi dan mulut

S16

Memiliki nilai kejuangan menghadapi era globalisasi, moderenisasi, teknologi informasi revolusi industry 4.0

CPL PENUGASAN PENGETAHUAN (PP) SARJANA ASOSIASI

PP1

Menguasai pengetahuan faktual tentang:

 

a. Hukum kesehatan

 

b. Kebijakan lokal, regional, dan global tentang Kesehatan

 

c. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi

 

d. Standar kompetensi dokter gigi

PP2

Menguasai prosedur perawatan klinis dalam bidang kedokteran gigi.

PP3

Menguasai prinsip-prinsip:

 

a. Psikologi Kesehatan

 

b. Ilmu Biostatistik

 

c. Epidemiologi

PP4

Menguasai konsep teoritis :

 

a. Dasar etik kedokteran

 

b. Teknik perawatan klinis di bidang kedokteran gigi

PP5

Menguasai konsep teoritis secara umum tentang:

 

a. Ilmu biomedik meliputi anatomi, histologi, fisiologi tubuh manusia, patologi dan patofisiologi kelainan struktur dan fungsi tubuh, mikrobiologi, biologi, biokimia, farmakologi, serta ilmu gizi

 

b. Ilmu kedokteran klinik meliputi Penyakit Dalam, THT, Kulit dan Kelamin, Ilmu Kesehatan Mata, Neurologi, Bedah Umum

 

c. Perkembangan mental anak

 

d. Ilmu Kedokteran Paraklinik meliputi Patologi Anatomi, Patologi Klinik

 

e. Forensik kedokteran gigi

PP6

Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:

 

a. Biologi Oral

 

b. Morfologi makroskopis, mikroskospis dan topografi organ, jaringan penyusun sistem tubuh manusia secara terpadu

 

c. Proses tumbuh kembang dentokraniofasial pranatal dan pascanatal

 

d. Komunikasi kesehatan dan komunikasi teurapeutik

PP7

Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:

 

a. Patogenesis penyakit atau kelainan yang meliputi, infeksi, dan non infeksi.Sterilisasi, desinfeksi dan asepsis

 

b. Obat-obat yang digunakan untuk penyakit gigi mulut, termasuk efek samping dan interaksinya

 

c. Tatalaksana kedokteran gigi klinik untuk membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi mulut

 

d. Berfikir analitis guna mendukung evidence based dentistry

 

e. Metodologi penelitian

PP8

Menguasai konsep teoritis secara mendalam:

 

a. Ilmu kedokteran gigi klinik untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi mulut yang meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif

 

b. Dental biomaterial/ilmu material dan teknologi kedokteran gigi

 

c. Radiologi kedokteran gigi

 

d. Ilmu kesehatan gigi masyarakat

 

e. Manajemen kesehatan

CPL PENUGASAN PENGETAHUAN (PP) SARJANA PRODI

PP9

Menguasai konsep teoritis TNI AD (sejarah, tugas fungsi, kewenangan, doktrin TNI AD dikaitkan dengan YKEP

PP10

Menguasai konsep teoritis YKEP sebagai Yayasan yang menaungi Unjani

PP11

Menguasai konsep teoritis sejarah Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani

PP12

Menguasai konsep teoritis keachmadyanian

CPL KETERAMPILAN UMUM (KU) SARJANA SN-DIKTI

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU4

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

CPL KETERAMPILAN UMUM (KU) SARJANA PRODI

KU10

Mampu mengikuti berbagai kompetisi yang diadakan universitas, pemerintah daerah, pemerintah pusat, Lembaga dan instansi terkait

CPL KETERAMPILAN KHUSUS (KK) SARJANA ASOSIASI

KK1

Mampu melakukan anamnesis secara mandiri dengan menggali riwayat pasien (riwayat keluarga dan psikososial ekonomi, riwayat kepenyakitan dan pengobatan, riwayat perawatan gigi mulut, perilaku) yang relevan dengan keluhan utama melalui metode komunikasi efektif terhadap pasien simulasi.

KK2

Mampu melakukan pemeriksaan fisik umum dan sistem stomatognatik yang meliputi pemeriksaan ekstra dan intra oral secara mandiri pada pasien simulasi dengan akurat serta mampu menetapkan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi dan kode etik

KK3

Mampu mencatat hasil pemeriksaan dalam rekam medik yang komprehensif untuk keperluan identifikasi odontologi forensik sesuai dengan Disaster Victim Identification (DVI) sebagai bahan untuk menentukan rencana perawatan gigi mulut secara kelompok.

KK4

Mampu menegakkan diagnosis awal, diagnosis banding, diagnosis akhir dan menetapkan prognosis kelainan atau penyakit gigi mulut secara teoritis berdasarkan patogenesis dengan mempertimbangkan derajat resiko penyakit melalui interpretasi, analisis, dan sintesis data kasus sesuai standar klasifikasi penyakit internasional (International Classification of Diseases) secara mandiri.

KK5

Mampu menyusun rencana perawatan gigi mulut berdasarkan analisis data kasus sesuai konsep ilmu kedokteran gigi klinik, ilmu kedokteran gigi pencegahan, ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu kedokteran klinik dan ilmu biomedik yang relevan dengan mempertimbangkan siklus hidup pasien dan kondisi sosio-budaya secara mandiri.

KK6

Mampu membuat keputusan dan melakukan perawatan gigi mulut pada manekin secara mandiri sesuai dengan metode dan prosedur baku di bawah bimbingan dosen

KK7

Mampu memilih dan mendemonstrasikan penggunaan material, peralatan, dan teknologi kedokteran gigi untuk perawatan gigi mulut pada panthom dan/atau pasien simulasi sesuai indikasi secara mandiri

KK8

Mampu mendemonstrasikan cara mengendalikan rasa nyeri, takut dan cemas dengan pendekatan farmakologik dan/atau non farmakologik secara mandiri.

KK9

Mampu membuat kajian secara kelompok permasalahan bidang kedokteran gigi pada pasien atau masyarakat, dan mengusulkan alternatif solusi yang inovatif dengan pendekatan evidence based dentistry yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademik

KK10

Mampu mendemonstrasikan pengelolaan praktik dan lingkungan kerja yang ergonomik dengan menerapkan prinsip manajemen kesehatan termasuk keselamatan kerja, kontrol infeksi dan konsep green dentistry secara mandiri atau kelompok

KK11

Mampu mengambil keputusan medik berdasarkan data kasus untuk merujuk pasien kepada sejawat dan/atau penyelenggara kesehatan lain berdasarkan standar prosedur operasional secara mandiri.

KK12

Mampu merancang, mendemonstrasikan dan mengevaluasi upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit gigi mulut masyarakat secara kelompok.

KK13

Mampu mendemonstrasikan cara mengelola perilaku pada pasien simulasi dengan menerapkan prinsip manajemen perilaku secara mandiri dan kelompok.

KK14

Mampu melakukan kolaborasi antar profesi kesehatan dalam mengelola kesehatan pasien simulasi secara kelompok.

KK15

Mampu mendemonstrasikan cara mengidentifikasi dan tindakan medik pada manekin sesuai dengan prosedur bantuan hidup dasar (basic life support) dan kegawatdaruratan dental terbatas secara mandiri dan kelompok.

KETERAMPILAN KHUSUS (KK) SARJANA PRODI

KK16

Mampu mengembangkan produk berbasis bahan alam sebagai alternatif tindakan preventif, kuratif dan rehabitatif kedokteran gigi

KK17

mampu membangun perubahan perilaku masyarakat desa binaan yang berorientasi pada paradigma Indonesia bebas karies 2030

 

IndonesianEnglish