Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Berkebutuhan Khusus

Image

Jabarekspres.com – Dosen FKG (Fakultas Kedokteran Gigi) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) bekerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Citeureup Cimahi dalam rangka memberikan edukasi seputar Kesehatan Gigi dan Mulut pada anak berkebutuhan khusus.

Edukasi itu di wujudkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dengan tema “Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Berkebutuhan Khusus” di Aula SLB Citeureup Cimahi, Kamis (22/9).

Image

Kegiatan penyuluhan ini melibatkan para guru dan pihak sekolah serta orang tua murid untuk hadir turut serta dalam penyuluhan, yang dihadiri oleh hampir 70 peserta.

Persiapan awal dibantu oleh pihak sekolah dan dosen terkait dan pada pelaksanaannya berkordinasi dengan pihak sekolah melalui beberapa pertemuan dengan para guru untuk menyesuaikan waktu dan tempat yang akan digunakan.

Kegiatan penyuluhan diawali dengan registrasi peserta seminar dilanjutkan dengan doa dan sambutan dari penyelenggara dan acara inti adalah pemaparan materi mengenai upaya peningkatan kesehatan gigi mulut anak berkebutuhan khusus yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Secara singkat dari hasil penyuluhan didapatkan informasi bahwa sebagain peserta kurang memahami pemeliharaan kesehatan gigi mulut yang benar seperti pentingnya waktu dan teknik menyikat gigi yang benar serta kurangnya kesadaran melakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi sebelum adanya keluhan.

Dengan penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara memberikan edukasi non-formal terhadap orang tua dan guru mengenai kesehatan gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus dengan pendekatan promotif dan preventif yang dilaksanakan secara terpadu. (*)

Sumber : https://jabarekspres.com/berita/2022/10/21/upaya-peningkatan-kesehatan-gigi-dan-mulut-anak-berkebutuhan-khusus/2/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *